Logo Line
send an email
discover

type anywhere to search

personal | travel

Why am i here in America ?

31 May 2017

Hi semuanya, ini pertama kalinya gw akhirnya nulis di blog gw yang masih kosong melompong ini. Gw berniat untuk nulis blog dengan Bahasa inggris tapi terkecuali untuk kali ini, gw ngerasa pengen cerita sebebas bebasnya dengan Bahasa yang gw pake sehari hari,tentang pengalaman gw yang satu ini.

Maaf kalo Bahasa nya terlalu ngasal dengan tanda baca yang salah wkwkkw hope you guys enjoy reading it!

Semua bermulai pada Januari 2017.

Waktu itu gw dateng ke event dan gak sengaja ketemu kak Rachel Vennya. Kak Rachel adalah client gw dari dulu banget, dari sejak bisnisnya ravenisood sampe taichan goreng, foto prewedding dan sampe lamarannya dia pake jasa fotografi yang gw kelola bersama pacar gw dan team.

 

Siang itu dia manggil gw dan mengatakan hal yang sangat2 membuat gw kaget sampe jujur  lutut mati rasa, dia bilang “ Mel, gw mau di ajak ke Coachella lo mau ikut gak jadi fotografer gw ? “ dengan respon yang bodoh karna jujur gw emang orangnya suka telat mikir gw jawab “ Coachella dimana??? “ “Di La lah” * shock, tapi tetep gamau keliatan norak2 amat * *tapi pas ngerespon taunya norak banget * “ Mau banget gila!! Bawa gw kakkk bebas lo mau apaain gw, gw sama sekali ga minta bayaran, gw videoin lu fotoin lu sepuas2nya semau lo kak!!!!” dan Rachel jawab “ wkwkwkw okeee nanti coba gw rundingin sama orang travelnya dulu ya soalnya gw di sponsorin. “

 

Oke hari itu berakhir disini, gw pulang dari event itu seneng2 berharap tapi gamau berharap banget dan gamau cerita ke siapa2 dulu karna takut gak jadi.

 

Sampe bbrp hari kemudian gw lagi jalan2 di ikea, manager kak Rachel (thesa) chat gw bilang minta foto paspor karena gw jadi fix di ajak ke Amrik. Gila gada kata yang bisa describe perasaan gw waktu itu. Gw bener2 pengen banget nangis, lutut lagi2 merinding lemes. Dan waktu itu gw langsung cerita ke semua orang terdekat gw. Dan mulai hari itu gw langsung kepo setengah mati sama Amrik.

 

Sebelum ceritanya berlanjut gw pengen kalian tau aja seberapa gw sangat ingin ke Amrik sampe gw gak mau cari tau tentang amrik dari dulu. Kaya harga tiket, harga hotel dll. Gw cuma setiap ngobrol sm orang negara mana yang pengen di datengin gw jawab “ Amrik lah, tapi gatau kapan bisa kesana , kaya susah banget di gapai tu Negara. “

 

Jadi saking di otak gw se gak mungkin itu pergi ke amrik dalam jangka waktu bbrp tahun kedepan gw ngerasa ga perlu untuk kepo. Gatau juga sih apa yang buat gw pengen kesana secara spesifik ? tapi yang jelas, well its America? Kayak semua hal yang kita tonton mostly dari sana.

 

Banyak temen gw yang udah kesana dan kayak biasa aja gitu, tapi ya mungkin gw nya aja yang terlalu norak. Ngomong2 soal norak gw aja se seneng itu bisa masuk terminal 3 ultimate Soetta , SE SENENG ITU. Jadi kesimpulannya gw anaknya murah lah, ke jogja aja jg udah seneng, dan gw tau pas gw udah disana nanti pasti gw akan norak setengah mati juga.

 

Anyways lanjut ke ceritanya, mulai dari hari itu hati gw kayak berbunga2 setiap hari, bener2 semangat karna bentar lagi gw mau ke amrik g e r a t i s!!!!!! Bangun pagi senyam senyum kaya orang baru pacaran, dan saat itu gw bener2 bersyukur sama Tuhan sampe nangis kayak ngerasa kenapa Tuhan sayang bgt sm gw sampe kak Rachel hatinya tergerak mau ajak gw? Kenapa gak fotografer lain yang lebih pro? mungkin ini hadiah dari Tuhan buat gw karena udah nekunin fotografi bertahun2. Ya intinya selama beberapa bulan belakangan ini gw sangat semangat karna gw mau ke Amrik.

 

Singkat cerita bulan Januari, Febuari, Maret dan sampailah pada bulan April. Selama berbulan bulan itu gw sibuk ngurusin data-data gw termasuk kak Rachel & kak Niko untuk apply visa Amerika. Berbagai cara gw jalanin nurutin orang travel tersebut sampe jujur cape banget pengen nangis. Ketemu berkali-kali sama orang travel tersebut. Kesel banget karena kita belum juga wawancara visa, ada aja kendalanya, dan alasan si orang travel ini.

 

Kita di jadwalkan berangkat ke Amerika tanggal 13 April.

 

Sampailah pada H – seminggu sebelum keberangkatan kita, kita masih belum juga wawancara visa. Travel ini pun menenangkan kita dan bilang kalo kita masih sempet apply visa dan berangkat Coachella weekend 2 tanggal 21 April. Gw udah gak yakin banget sama orang ini, karena hampir mustahil, dan semua tiket hotel & pesawat bisakah di ganti semudah itu ? kecurigaan gw, thesa dan kak Rachel makin bertambah, kita cek semua tiket hotel dan pesawat yang sudah dia pesan ternyata udah di cancel, sampe cari tau tentang data orang tersebut. Akhirnya singkat cerita kita menemukan bukti-bukti kalo kita benar – benar di tipu, bukan di tipu bermotif uang, walaupun ada sejumlah uang yang ka Rachel sudah keluarkan, dan luar biasa baiknya kak Rachel ga minta uang itu kembali karena kasian dengan keadaan orang ini. Kita urus masalah ini karena semua data asli ada di tangan orang travel ini, singkat cerita masalah di selesaikan. Maaf guys kalian pasti penasaran sm orang travel ini dan cerita lengkapnya, tapi ini bukan inti dari gw nulis blog ini kasian juga kalo terlalu di expose, so ya!

 

Lanjut ke cerita gw pribadi, dari waktu kak Rachel ajak gw ke Amrik gw udah berpikiran untuk extend, karena gw punya saudara disana. So why not ? tapi pada waktu itu gw pribadi gak punya cukup uang untuk extend di Amrik, butuh biaya pesawat, jajan dll. Akhirnya muncul lah ide untuk nawarin brand2 online shop di Jakarta untuk photoshoot di Amrik, karena beberapa kali gw ke luar negri seperti Singapore & Jepang ada yang mau titip barang untuk photoshoot. Puji Tuhan ada beberapa yang minat. Singkat cerita selama bulan Feb – April gw sibuk untuk cari tau tentang Amrik, cari model untuk photoshoot dll. Di bantu sama temen gw Riz Camilia, yang tinggal di SF pada waktu itu, shout out for her, without her I can’t do all of this things.

 

Intinya, waktu akhirnya tau gw ditipu dan gak jadi ke Amrik cukup membuat gw sangat sedih, gimana dengan model yang udah gw book dan online shops yang udah nyiapin collection untuk di Amrik ? Gw belom ngomong apa2 sama beberapa online shop tersebut sampe akhirnya tiba tiba ada aja berkat , ada aja orang – orang yang malah menawarkan diri mau untuk photoshoot brand nya disana dan setelah gw hitung-hitung cukup untuk membiayai perjalanan gw pribadi ke Amrik, dari tiket PP, hotel, jajan dan akomodasi selama disana.

 

Langsung gw urus visa ke agent visa di jalan sabang, gw kesana bareng orang tua gw. Sampe akhirnya tanpa di rencanakan jadi apply visa ber 3 sama bokap nyokap gw. Karena kata agent visa cukup sulit untuk apply visa cewe sendirian baru lulus kuliah, apalagi setelah jaman Trump jadi president, Amerika lebih di perketat, mereka takut gw fresh graduate kerja disini / mereka takut gw nikah sama orang sini dan jadi warga negara sini, gatau sih katanya begitu gosipnya wkwkkwkw, aneh-aneh aja emang. Setelah bikin visa ber 3, asal visa udah dapet gw tetep berangkat sendiri, karena entah gw tidak mengerti orang tua gw bahkan pacar gw gak ada yang terlalu tertarik ke Amrik, especially my mom dia pengen banget ke Europe so maybe she thinks just save her money for Europe trip then.

 

Singkat cerita menunggu hari wawancara selalu deg degan begitu juga waktu dulu di janjiin wawancara visa sama si travel tersebut, karena orang bilang cukup menegangkan, kedutaan Amerika sangat ketat dan banyak pertanyaan – pertanyaan rumit.

 

Sampailah pada hari gw apply visa ber 3 sama bokap nyokap gw, deg degan luar biasa bener2 kalo sampe ga keterima sedih banget sih tapi yaudah belom rencana Tuhan aja.

 

Di kedutaan Amerika kita ga boleh bawa handphone jadi lebih gabut dan deg degan lagi selama kurang lebih 3 jam ngantri. Sampe lah pada garis antrian paling akhir ngeliat banyak orang di wawancara lama banget dan pertanyaanya aneh-aneh. Makin deg degan!!!!

 

Sampailah pada giliran kita wawancara, maju ber 3.

JENG JENG! Sangat mengejutkan, si bule yang wawancara cuma tanya 3 hal sama kita :

Ke amerika untuk liburan ? berapa lama ?

Punya sodara di Amerika ?

Bapak & Ibu pekerjaanya apa ?

 

Udah. Selesai. Gitu doang.

 

Bener – bener super ga nyangka gila tuh orang baik banget sama kita senyam senyum dan bilang selamat menikmati liburan ke Amerika.

Wadawwww, kita bawa berbagai macam dokumen, dari buku tabungan, kartu keluarga, surat perusahaan, kartu pelajar , bank statement, dan lain – lain.

 

GAK ADA SATUPUN YANG DI MINTA

 

Bener bener cuma di tanya 3 pertanyaan itu dan langsung di terima. Sedangkan orang di sebelah kita yang di wawancara sebelum kita masih belum selesai di tanya – tanya juga.

 

Bener bener keajaiban dan anugrah Tuhan. Pulang dengan seneng dan gak nyangka dengan apa yang terjadi, kaya aneh banget masa bank statement aja ga di minta, ke jepang aja di minta catetan tabungannya. Dan kita sekeluarga juga belum ada yang pernah keluar Asia. Sangat ga nyangka rasanya mustahil bisa keterima semudah itu.

 

Oh iya! Akhirnya setelah membujuk berkali-kali orang tua gw mau ikut nemenin karena setelah di hitung – hitung budgetnya ada. So happy gak jadi pergi sendirian!

 

Akhirnya kita pesen tiket pesawat, hotel, sewa mobil dll. Puji Tuhan dapet pesawat murah padahal pesennya H – 2 minggu sebelum rencana ke berangkatan, gak di sangka – sangka.

 

So yea! Now I am here in the USA spending my time with my family, cari pengalaman, cari pengetahuan lebih, nambah portfolio photoshoot, nambah konten youtube walaupun belom di edit2 wkwwkwk, ketemu sama beberapa orang dan temen disini, ketemu model-model yang kerja bareng. I can’t explain how happy and grateful I am with this opportunity.

 

Gak pernah kebayang bisa mewujudkan mimpi gw di umur 20 tahun ini. Gak pernah di rencanakan, semua mendadak dan tidak di sangka sangka. Kalo gw gak di tipu sama itu travel gw gak akan kesini. Tuhan bener bener kasih hadiah buat gw dan gw sangat bersyukur gw percaya ini semua karena Tuhan. Bukan karena gw orang kaya dan banyak duit bisa kesini, nope, not-at-all. So i guess ga perlu jadi orang kaya untuk bisa keluar negri , cukup lakuin apa yang baik dan benar sesuai passion kita, tetep berusaha maka usaha mu tidak akan menghianati hasilnya, itu yang Daniel sering bilang wkkwkw.

 

Banyak yang tanya kenapa gw 2 bulan disini ?

 

Selain photoshoot gw juga mau jalan jalan dan explore Amrik, perlu juga waktu untuk istirahat dan nyelesain pekerjaan seperti, edit foto, video dll. Dan kita bisa tinggal 1 bulan di Philadelphia, di rumah tante gw yang gak pernah pulang 12 tahun. So I guess 2 months it’s a pretty good time to spend time with my family here, do some works, and travel to some cities in USA.

 

I guess this long story will answer all of your questions, yang nanyain mulu “ngapain sih kak ke Amrik 2 bulan? “ wkakakakak.

I wanna thank kak Rachel yang udah ngajak ke Amrik, gw bener2 terharu dia mau ajak gw walaupun ga jadi pergi sm kak Rachel but still di percaya itu rasanya seneng banget.

Buat para owner Local Brands yang sudah mempercayakan photoshoot sama gw.

Riz yang bantu ini itu dan mau di tanya-tanya dan mau temenin jalan2 selama beberapa hari disini.

Daniel yang selalu semangatin gw disaat-saat gw cukup hectic dengan urusan ini itu, mau temenin kemana mana ikutan repot.

My parents I have such a wonderful parents yang selalu support anaknya, I love you guys so much.

And the last is God, Thankyou Jesus for this wonderful experience. Its unbelievable.

 

Thankyou guys for reading my very very long story!

 

Don’t forget to follow my Instagram & youtube channel to stay updated! Xx